OUR RELATIONSHIP TIMELINE :)

Daisypath Anniversary tickers

Jumat, 12 September 2014

[Event Report] AIKATSU! Launching Event

Hello readers! :D udah lumayan lama juga ya sejak terakhir postingan gue terbit. Ini karena kemarin-kemarin gue lagi kebut selesaiin skripsi dan akhirnya sekarang tinggal nunggu sidang aja deh. Doain, yaa! :D Kali ini gue mau cerita sedikit tentang event yang baru aja gue ikuti. Hari Rabu kemarin, tepatnya tanggal 10 September 2014 gue berkesempatan hadir pada acara launching Aikatsu!. Apa sih Aikatsu! itu?



Aikatsu! (アイカツ!), merupakan kependekan dari Aidoru Katsudō! (アイドルカツドウ, lit. "Idol Activities!"), adalah sebuah permainan kartu yang merupakan bagian dari Data Carddass Bandai yang diluncurkan pada Oktober 2012. Permainan tersebut menggunakan berbagai jenis kartu yang berisi berbagai jenis pakaian yang dapat digunakan untuk membantu para gadis yang terinspirasi menjadi idola. Adaptasi dari game ini dikerjakan oleh Sunrise dan mulai ditayangkan di TV Tokyo mulai 8 Oktober 2013. Di Indonesia sendiri, anime ini akan mulai ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta yaitu RCTI.

Acara launching tersebut dilaksanakan di JKT48 Theater, FX Sudirman. Acara ini merupakan limited invitation only yang dihadiri oleh partner business, media, dan para blogger anggota BBlog. Para tamu undangan diwajibkan hadir mulai pukul 11.00 WIB. Sebelum memasuki theater, terlebih dahulu mengisi buku tamu di meja receptionist dan kemudian panitia akan memberikan sebuah goodie bag.

Sekitar pukul 11.15 WIB tamu undangan dipersilahkan memasuki ruang theater. Di dalam theater terdapat beberapa mesin permainan yang disediakan untuk dicoba oleh para tamu. Selain itu berbagai merchandise Aikatsu! juga dipajang di sana.





Sebelum acara dimulai, para tamu disuguhi makan siang.

ngantri ngambil prasmanan nih

Tepat pukul 13.00 WIB acara pun dimulai dengan munculnya tiga orang member JKT48 ke atas panggung sambil membawakan lagu Calendar Girl. 


Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dan presentasi dari Senior Vice President, Business Development, PT Global Mediacom Tbk, Reino R. Barrack dan Masashi Harada selaku Deputy General Manager, Card Business Department Bandai.

Reino R. Barrack
   
Masashi Harada


Selain TV anime, juga diperkenalkan game kartu digital, Aikatsu! merchandise, fan book, serta aplikasi smartphone yang akan dirilis pada 2015. Bandai Company Limited (Bandai) pada hari itu mengumumkan peluncuran Aikatsu! di Indonesia. Bandai merupakan sebuah perusahaa Jepang pembuat mainan serta produsen sejumlah besar model kit plastik. Bandai merupakan produsen terbesar ketiga di industri mainan (setelah Mattel dan Hasbro) dan berkantor pusat di Taito, Tokyo. 

Aikatsu! disebut juga Idol Katsudo (Idol Activity - Aktivitas Idola), merupakan sebuah kisah yang bercerita tentang semangat seorang gadis untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang idola yang terkenal. Pada kesempatan kali ini, Bandai mempersembahkan sebuah karya terbarunya di Indonesia yang memiliki nama Aikatsu!, sebuah serial TV animasi yang akan ditayangkan di RCTI mulai 20 September 2014 tiap pukul 06.30 WIB dan akan bertautan dengan permainan kartu digital dari Aikatsu!.

Tokoh utama, Ichigo Hoshimiya adalah seorang gadis biasa yang duduk di bangku kelas 1 SMP. Namun, dunia sekeliling Ichigo berubah drastis sejak pindah ke Starlight Academy sebagai sekolah ternama dalam pendidikan pelatihan idola, karena diajak oleh sahabatnya, Aoi Kiriya. Dia bertemu dengan berbagai saingan dan belajar bagaimana untuk menjadi seorang idola. Dia pun menantang bermacam-macam audisi dengan menggunakan Aikatsu! Card.

Ichigo


Berikut adalah beberapa potongan adegan pada anime Aikatsu!




Aikatsu! adalah permainan seperangkat kartu digital yang mengandung berbagai macam style pakaian dan aksesoris dimana para pemain dapat mengganti pakaian mereka dan mengikuti tantangan permainan berbagai macam audisi, show, dan performance dengan memindai kartu digital. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan kartu yang ingin digunakan ke dalam special card reader, maka secara otomatis pakaian tersebut akan menempel di tubuh sang idol. 

Mesin game Aikatsu! akan mulai dapat ditemui pada Oktober 2014 di game center yang terdapat di pusat-pusat perbelanjaan. Tiap satu kali main akan mendapatkan satu buah kartu. Ada 3 tipe kartu yaitu Cute Type, Cool Type, dan Sexy Type. Terdapat 70 jenis kartu pada kartu seri pertama. Nantinya kartu-kartu jenis tersebut akan berbeda tiap bulannya. 

daftar jenis kartu seri 1

Dengan kombinasi kartu-kartu tersebut, kita dapat membuat karakter. Tiap jenis kartu terdiri dari Tops, Bottoms, Shoes, dan juga Accessory. Kostum yang digunakan karakter kita akan sesuai dengan kartu kombinasi yang kita pilih. Kalo jenis kartu yang dikombinasikan sama, nilai permainan akan bertambah. 

Cute Type - Tops

Cool Type - Bottoms

Sexy Type - Shoes

Permainan ini juga dilengkapi dengan ID Card yang digunakan untuk membuat karakter kita sendiri dan untuk menyimpan data game. 


ID Card

bikin karakter

memilih karakter

memilih stage

lulus audisi

Setelah presentasi pengenalan produk yang akan diluncurkan, keenam member JKT48 yang menjadi duta Aikatsu! giliran tampil di panggung. Mereka adalah Melody, Haruka, Nabilah, Yupi, Hanna, dan Viny. JKT48 didaulat sebagai duta Aikatsu! di Indonesia karena karakter JKT48 dianggap cocok dengan Aikatsu! yang berhubungan dengan idol. Selain itu, JKT48 juga menjadi pengisi lagu di tayangan Aikatsu! Kemudian salah satu member JKT48 yang mengunakan kostum seifuku Ichigo, Yupi, membawakan gerakan-gerakan tarian Aikatsu! dengan lincahnya. Sontak para tamu bertepuk tangan dengan riuh.


Yupi in action

Terakhir adalah sesi talkshow dimana para undangan diperkenankan bertanya dan akan dijawab langsung oleh Reino R. Barrack. Kebanyakan dari mereka yang bertanya adalah para awak media. 


Dan hari itu acara berakhir sekitar pukul 14.00 WIB. It was my first experience for attending that kind of event. It was so fun, gue berasa kayak orang penting deh. Hehheh. .  . :P

Oh iyaa, ini dia isi dari goodie bag yang gue dapat sebelum acara dimulai.




Ada buku notes, name tag, CD yang isinya gambar serba Aikatsu!, info produk, kartu game, dan juga poster.

poster

Dan ini dia kartu game yang gue dapat.

ID Card



Ihiiiy . . . senangnya dapat kartu gratis :D nggak sabar deh mau mainin gamenya. Oh iya, jangan lupa yaa tonton Aikatsu! setiap hari Sabtu pukul 06.30 WIB hanya di RCTI Oke! See you. . .. 



acara ini terselenggara atas kerja sama B Blog Indonesia dan Bandai (Aikatsu!) AIKATSU! Launching Event

1 komentar:

NisaRF mengatakan...

Wah asyiknya dapat gratisan kartu Aikatsu.... >_<
Kartunya dijual gak? Saya mau..... ;_;

Posting Komentar