OUR RELATIONSHIP TIMELINE :)

Daisypath Anniversary tickers

Jumat, 25 Januari 2013

Pengertian, Manfaat, Teknik, dan Contoh Kutipan

Pengertian Kutipan

Kutipan adalah pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ekspresi dikutip terkenal atau eksplisit dihubungkan dengan kutipan ke sumber aslinya, dan ditandai oleh (diselingi dengan) tanda kutip. Kutipan adalah suatu kata yang mungkin semua orang belum tahu apa maksudnya. Kutipan juga merupakan suatu gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.

Manfaat Kutipan

  1. untuk menegaskan isi uraian, 
  2. untuk membuktikan kebenaran dari sebuah pernyataan yang dibuat oleh penulis, 
  3. untuk mencegah penggunaan dan pengakuan bahan tulisan orang lain sebagai milik sendiri.

Cara Mengutip

Beberapa cara teknik mengutip kutipan langsung dan tidak langsung diantaranya sebagai berikut.

1. Kutipan langsung
a) Kutipan langsung yang tidak lebih dari empat baris :
* kutipan diintegrasikan dengan teks
* jarak antar baris kutipan dua spasi
* kutipan diapit dengan tanda kutip
* sudah kutipan selesai, langsung di belakang yang dikutip dalam tanda kurung ditulis sumber darimana kutipan itu diambil, dengan menulis nama singkat atau nama keluarga pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman tempat kutipan itu diambil.

b) Kutipan Langsung yang terdiri lebih dari 4 baris :
* kutipan dipisahkan dari teks sejarak tiga spasi
* jarak antar kutipan satu spasi
* kutipan dimasukkan 5-7 ketukan, sesuai dengan alinea teks pengarang atau pengutip. Bila kutipan dimulai dengan alinea baru, maka baris pertama kutipan dimasukkan lagi 5-7 ketukan.
* kutipan diapit oleh tanda kutip atau diapit tanda kutip.
* di belakang kutipan diberi sumber kutipan (seperti pada 1)

2. Kutipan tidak langsung
* kutipan diintegrasikan dengan teks
* jarak antar baris kutipan spasi rangkap
* kutipan tidak diapit tanda kutip
* sesudah selesai diberi sumber kutipan

3. Kutipan pada catatan kaki
Kutipan selalu ditempatkan pada spasi rapat, meskipun kutipan itu singkat saja. Kutipan diberi tanda kutip, dikutip seperti dalam teks asli.

4. Kutipan atas ucapan lisan
Kutipan harus dilegalisir dulu oleh pembicara atau sekretarisnya (bila pembicara seorang pejabat). Dapat dimasukkan ke dalam teks sebagai kutipan langsung atau kutipan tidak langsung.

5. Kutipan dalam kutipan
Kadang-kadang terjadi bahwa dalam kutipan terdapat lagi kutipan.

Contoh Kutipan Langsung Pendek 

Kecerdasan emosi merupakan kemampuan memantau dan mengendalikan perasaan sendiri dan orang lain, serta menggunakan perasaan-perasaan itu untuk “memandu pikiran dan tindakan”.1 

Goleman menyatakan bahwa kecerdasan emosional merupakan kemampuan seperti kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustasi, mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stres tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, berempati dan berdoa.1

Contoh Kutipan Langsung Panjang

Kecerdasan emosi merupakan kemampuan memantau dan mengendalikan perasaan sendiri dan orang lain, serta menggunakan perasaan- perasaan itu untuk memandu pikiran dan tindakan. Mayer dan Salovey mendefinisikan kecerdasan emosional sebagai berikut: 

Emotional intelligence involves the ability to perceive accurately, appraise, and express emotion; the ability to understand emotion and emotional knowledg; and ability to regulate emotions to promote emotional and intellectual growth.1 

Kutipan Tak Langsung 

Kutipan tak lansung adalah kutipan yang menuliskan kembali dengan kata-kata sendiri. Kutipan ini dapat dibuat panjang atau pendek dengan cara mengintegrasikan dalam teks, tidak diapit dengan kata kutip dan menyebutkan sumbernya sesuai dengan teknik notasi yang dijadikan pedoman dalam menulis karya ilmiah. 

Contoh Kutipan Tak Langsung 

Secara empirik hal ini telah dibuktikan oleh Jepang melalui Restorasi Meiji telah berhasil memodernisasi bangsa Jepang menjadi bangsa yang maju dengan jalan membenahi sistem pendidikannya terutama pada jenjang pendidikan tinggi. Faktor pendidikan dalam proses modernisasi menjadi penting sebab pada hakikatnya modernisasi menjadi penting sebab pada hakikatnya modernisasi adalah perubahan pandangan hidup yang didorong oleh cara berpikir.


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kutipan
             http://girlycious09.wordpress.com/tag/pengertian-kutipan/
             http://www.m-edukasi.web.id/2012/06/kutipan-karya-tulis-ilmiah.html

2 komentar:

klinik aborsi mengatakan...

Jual Obat Aborsi Asli | Obat Cytotec Asli | 082241083319
jual obat aborsi pills cytotec asli manjur untuk menggugurkan kandungan usia 1 - 6 bulan gugur tuntas.CYTOTEC OBAT ASLI sangat efektif mengatasi TELAT DATANG BULANdan menjadikan anda gagal hamil , CYTOTEC adalah OBAT ABORSI 3 JAM BERHASIL GUGUR TUNTAS dengan kwalitas terbaik produk asli pfizer nomor 1 di dunia medis

OBAT ABORSI DI PEKALONGAN
OBAT ABORSI DI MAGELANG
OBAT ABORSI DI WONOSOBO
OBAT ABORSI DI WONOGIRI
OBAT ABORSI DI TEMANGGUNG

klinik aborsi mengatakan...

Jual Obat Aborsi Asli | Obat Cytotec Asli | 082241083319

jual obat aborsi pills cytotec asli manjur untuk menggugurkan kandungan usia 1 - 6 bulan gugur tuntas.CYTOTEC OBAT ASLI sangat efektif mengatasi TELAT DATANG BULANdan menjadikan anda gagal hamil , CYTOTEC adalah OBAT ABORSI 3 JAM BERHASIL GUGUR TUNTAS dengan kwalitas terbaik produk asli pfizer nomor 1 di dunia medis

JUAL OBAT ABORSI DI SURABAYA
JUAL OBAT ABORSI DI BANDUNG
JUAL OBAT ABORSI DI KUDUS
JUAL OBAT ABORSI DI DEPOK
JUAL OBAT ABORSI DI JAKARTA
JUAL OBAT ABORSI DI BANTEN
JUAL OBAT ABORSI DI SERANG

Posting Komentar