OUR RELATIONSHIP TIMELINE :)

Daisypath Anniversary tickers

Rabu, 23 April 2014

Mengapa Sebaiknya Menggunakan Software Open Source Dalam Membuat Aplikasi?

Di dalam dunia programming tentu ada aplikasi-aplikasi yang dibuat dengan menggunakan tools atau software, dan biasanya software yang digunakan untuk membangun aplikasi ada dua jenis yang pertama adalah yang berjenis berbayar dan yang kedua adalah opensource


Software open source adalah program komputer yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna dalam menjalankan program tersebut untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program tersebut, dan mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pembuat sebelumnya. Sehingga jika para pembuat aplikasi dapat mempelajari, mendistribusikan ulang, dan mengubah perangkat lunak tersebut, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Inilah yang disebut masyarakat mengembangkannya, mengaplikasikannya, dan memperbaiki kelemahannya.

Mengapa Sebaiknya Menggunakan Software Open Source Dalam Membuat Aplikasi? Karena software opensource memiliki beberapa keungulan dibandingkan dengan software yang berbayar diantara keungulan itu adalah hemat biaya, kenapa ? karena tools developing yang opensource biasanya gratis sehingga tidak timbul biaya pembelian tools developing, kemudian keungulan selanjutnya adalah banyaknya komunitas yang mendukung pengembangan software yang anda buat, misalnya komunitas blender yang isinya adalah animator-animator yang menggunakan blender sebagai tools dalam pembuatan animasi dan pengolahan citra.
 
Namun opensource juga memiliki kelemahan diantaranya adalah support yang langka, maksudnya adalah tidak semua orang melakukan developing dengan menggunakan aplikasi yang opensource sehingga jika aplikasi yang dibuat dengan menggunakan opensource mengalami kerusakan maka akan sulit untuk menemukan developer yang dapat memperbaikinya.selain itu kelemahan dari opensource adalah kadang pengunaanya lebih sulit  dibandingkan dengan yang berbayar, misalnya adalah membangun website dengan dreamweaver menurut banyak orang lebih mudah jika dibandingkan dengan membagun website menggunakan bluefish editor atau notepad ++.


Sumber:
http://filmpelajar.com/tutorial/apa-itu-open-source
http://heruhartanto.blogspot.com/2013/04/opensource-keuntungan-dan-kerugianya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar